Anthophyta

Anthophyta merupakan tumbuhan berbunga atau biasa disebut dengan Magnoliophyta (sekerabat dengan magnolia) dan disebut juga dengan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup). Nama Anthophyta diambil dari ciri khasnya yaitu memiliki organ reproduksi berupa bunga. Bunga merupakan bentuk modifikasi daun dan batang pada tumbuhan untuk mendukung sistem pembuahan tertutup. Sistem pembuhan tertutup ditandai dengan adanya bakal biji yang terlindung di dalam bakal buah (ovarium). Hal ini yang membedakan tumbuhan berbunga atau tumbuhan berbiji tertutup dengan tumbuhan berbiji terbuka.

Tumbuhan anthophyta umumnya terdiri atas 3 bagian pokok, yaitu akar, batang, dan daun yang merupakan organ vegetatif pada tumbuhan. Selain itu, terdapat organ generatif pada tumbuhan yang terdiri atas bunga dan buah. Bunga merupakan ciri khas yang membedakan tumbuhan berbunga (anthophyta) dengan kelompok tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae). Berikut adalah morfologi umum dari tumbuhan berbunga.

(Sumber: Ngakan dkk., 2022)


Berdasarkan hasil identifikasi di Tenggir Park Karanganyar, diketahui bahwa anthophyta yang ditemukan sebanyak 30 spesies yang tergolong ke dalam 14 ordo, yaitu ordo Cornales, Gentianales, Lamiales, Solanales, Ericales, Asparagales, Malvales, Rosales, Asterales, Alismatales, Zingiberales, Myrtales, Brassicales, dan Fabales. Ordo Cornales ditemukan 1 spesies anthophyta yaitu bunga pancawarna (Hydrangea macrophylla). Ordo Gentianales ditemukan 3 spesies yaitu bunga allamanda (Allamanda schottii), bunga tapak dara (Catharanthus roseus), dan bunga mentega (Nerium oleander). Ordo Lamiales ditemukan sebanyak 7 spesies, yaitu bunga tembelekan (Lantana camara), bunga lilin kuning (Pachystachys lutea), bunga udang putih (Justicia betonica), bunga polka dot (Hypoestes phyllostachya), bunga miana (Coleus scutellaroides), bunga salfia (Salvia splendens), dan bunga nona makan sirih (Clerodendrum thomsoniae). 

Ordo Solanales ditemukan 1 spesies yaitu bunga fajar biru (Ipomoea indica). Ordo Ericales ditemukan 2 spesies, yaitu bunga balsam (Impatiens walleriana) dan bunga azalea (Rhododendron indicum). Ordo Asparagales ditemukan 6 spesies yaitu bunga agave (Agave foetida dan Agave americana), bunga iris kuning (Trimezia martinicensis), bunga anggrek salib (Epidendrum ibaguense), bunga amarilis (Hippeastrum vittatum), dan bunga bakung (Hymenocalis littoralis). Ordo Malvales ditemukan 1 spesies yaitu bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis). Ordo Rosales ditemukan 1 spesies yaitu bunga mawar (Rosa damascena). 

Ordo Aterales ditemukan 1 spesies yaitu bunga gerbera (Gerbera jamesonii). Ordo Alismatales ditemukan 1 spesies yaitu bunga anthurium (Anthurium andreanum). Ordo Zingiberales ditemukan 2 spesies yaitu bunga kanna merah (Canna generalis) dan bunga kanna kuning (Canna orchoides). Ordo Myrtales ditemukan 2 spesies yaitu bunga putri (Pleroma semidecandrum) dan bunga taiwan beauty (Cuphea hyssopifolia). Ordo Brassicales ditemukan 1 spesies yaitu bunga laba-laba (Cleome hassleriana) dan ordo Fabales ditemukan 1 spesies yaitu bunga polong-polongan (Crotalaria micans).

0 Comments